Rabu, Maret 25, 2009

KETIKA SEBUAH KEKURANGAN MENJADI SEBUAH KELEBIHAN

Penulis : Irwan Sugianto

Serentetan masalah yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari yang tak pernah luput dari sisi positif dan negative kehidupan ini. Serentetan masalah itu muncul akibat dari system diri yang tidak teratur. Semua masalah – masalah itu muncul tak mengenal waktu, kapan, dimana, serta kepada siapa dia mendera. Kita yang merupakan mahluk Tuhan yang diberikan sebuah akal pikiran yang sangat sempurna harus dapat mengatasi berbagai masalah tersebut. Masalah yang muncul tersebut ada sebagian yang dari luar dan sebagian masalah yang timbul dari dalam diri kita sendiri.
Dalam hal ini kita ingin lebih menekankan mengenai mengatasi masalah yang timbul dari dalam diri kita sendiri. Di sini kita ambil sebuah masalah yang sering sekali timbul dalam kehidupan kita dan sering sekali kita jumpai hal itu. Yakni masalah mengenai kekurangan yang ada dalam diri kita. Hal tersebut sangat menyulitkan sekali bagi kita karena dengan adanya masalah tersebut dapat membuat kita menjadi takut untuk menghadapi kehidupan ini. Kita selalu di hantui oleh rasa ketidak sempurnaan diri kita ini. Misalnya kita terkena masalah karena tubuh kita pendek atau kerdil, wajah kita tidak tampan atau cantik, kita tidak kaya harta, dan masih banyak lagi kekurangan – kekurangan yang ada pada diri kita.
Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing – masing oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semua hal itu akan lebih terasa bermanfaat apabila kita dapat mengenalinya. Ya, mengenali diri sendiri terlebih dahulu merupakan kunci utama karena dengan mengenal diri sendiri maka kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri kita sendiri. Dan tidak hanya itu saja, kita harus dapat memanfaatkan kelebihan kita itu dengan semaksimal mungkin. Sebaliknya tentunya juga ada kekurangan yang ada pada diri. Kekurangan itu harus dapat kita kenali dan kita siasati agar tidak membuat kita jatuh. Saat kita mampu mengenali diri dengan baik maka kita juga pasti akan mampu untuk memimpin orang dengan baik pula.
Kekurangan memang merupakan sesutatu yang sangat tidak di inginkan oleh setiap orang. Namun, kita jangan pernah kalah dengan kekurangan yang ada. Kita buat serta kita bentuk kekurangan itu menjadi suatu kelebihan bagi kita. Tentunya untuk melakukan hal itu tidak semudah seperti apa yang kita fikirkan. Semua itu perlu ada tahapan, kesiapan mental serta semangat yang membara pada diri. Jika kita memiliki kesadaran serta tekad untuk mengubahnya, maka kita akan dapat mengurangi kelemahan – kelemahan yang ada menjadi suatu yang lebih berarti dan bernilai positif.
Seperti halnya dalam sebuah kisah dibawah ini kisah tentang batu permata yang indah tetapi memiliki kekurangan yang cukup mendalam. Batu permata merupakan sebuah batu yang sangat indah sekali. Pada suatu ketika terjadi sesuatu kepadanya. Batu permata itu jatuh sehingga menyebabkan batu permata itu tergores cukup dalam. Padahal sang pemilik batu itu ingin sekali menghadiahkan batu itu kepada kekasih hatinya. Namun karena kekurangan yang terjadi pada batu itu sang pemilik ingin membuat batu tersebut menjadi seperti semula. Telah banyak pandai batu permata ia datangkan untuk membuat batu itu kembali seperti semula namun semua yang datang itu tak menyanggupi permintaan sang pemilik batu tersebut. Sang pemilik batu hampir saja putus asa, karena tidak ada yang bisa membuat kekurangan batu tersebut menjadi indah seperti semula. Datang lah seseorang ahli permata yang lusuh dan tua yang menyatakan ia mampu untuk membuat batu itu indah kembali. Tentu saja hal tersebut membuat sang pemilik tidak yakin akan kemampuan sang ahli permata yang tampak lusuh seperti itu. Akhirnya sang pemilik dengan berat hati mempercayakan permata yang tergores kepada sang ahli pemata yang sudah tua itu untuk membuatnya. Namun, sebelum sang ahli permata mulai untuk membuatnya dia terlebih dahulu berkata kepada sang pemilik bahwa ia hanya dapat membuat permata itu menjadi lebih indah dan bukan membuatnya kembali seperti bentuk semula. Sang pemilik pun menyetujuinya. Maka, dikerjakanlah batu permata itu. Setelah beberapa lama selesailah batu permata itu dibuat menjadi indah oleh sang ahli permata. Setelah selesai kemudian batu permata itu dibawa kembali kepada sang pemiliknya. Sangat terkejut sekali sang pemilik batu ketika melihat permatanya berubah menjadi begitu indah. Ternyata batu permata itu oleh sang ahli dibuatnya menjadi sebuah bunga mawar yang indah sekali dan tentu saja sangat membuat kekasih hatinya bahagia.
Saya kira sama halnya dengan manusia apabila kita sebagai manusia menyadari kekurangan yang terjadi atau yang ada pada diri. Serta akan mewujudkan kekurangan tersebut menjadi sebuah kelebihan dengan berbagai cara serta usaha. Kita harus percaya bahwa kita bisa berubah dari kekurangan serta kita bisa menjadi sesuatu yang lebih dari kekurangan itu. Serta kita harus yakin bahwa sebenarnya kekurangan itu merupakan suatu kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain dan kita jangan pernah minder dengan kekurangan itu. Niscaya apabila kita terus berlatih dan berlatih sebuah kekurangan itu dapat berubah menjadi sesuatu yang indah dan merupakan kelebihan pada diri kita. Dengan terciptanya perubahan – perubahan yang positif tentu merupakan kekuatan pendorong yang akan membawa kita kepada kehidupan yang lebih bernilai dan sukses.

Tidak ada komentar: