Sabtu, April 11, 2009

Google Rugi Rp. 5,2 Triliun dari YouTube


Sekitar 3 tahun telah berselang sejak Google membeli YouTube dengan ongkos US$ 1,65 miliar. Namun meski situs ini punya begitu banyak peminat, Google malah diprediksi menuai kerugian besar dari YouTube. Nilai kerugiannya mencapai US$ 470 juta di tahun 2009 ini.

Lembaga keuangan Credis Suisse-lah yang memprediksi angka tersebut, yang dikutip dari WebProNews, Selasa (7/4/2009). Menurut Spencer Wang dan Kenneth Senna selaku analis di Credit Suisse, YouTube memang bakal menerima perolehan sekitar US$ 240 juta tahun ini.

Namun berbagai macam pengeluaran diprediksi akan membebani YouTube sampai US$ 711 juta banyaknya. Pengeluaran terbesar misalnya dari biaya bandwidth untuk mendistribusikan video, yakni sejumlah US$ 360,4 juta. Dengan demikian setelah dihitung selisihnya, situs berbagi video ini diprediksi bakal merugi sekitar US$ 470 juta.

Menurut Wang, Google baru meraih pendapatan iklan yang kecil dari YouTube. Hanya 3 persen dari seluruh halaman situs yang bisa dipakai untuk beriklan terjual. Hal itu diperparah terjangan krisis ekonomi yang mengurangi belanja iklan.
(Berbagai Sumber)

Tidak ada komentar: